top of page

4 Gestur tubuh yang perlu diperhatikan dalam public speaking



Public speaking bukan hanya tentang kata-kata yang kamu ucapkan, tetapi juga tentang bagaimana kamu menyampaikannya. Bahasa tubuh atau ekspresi non-verbal kamu memiliki pengaruh besar dalam menyampaikan pesan kamu secara efektif. Berikut adalah 4 gestur tubuh yang perlu kamu perhatikan dalam public speaking:

 

1. Kontak Mata

Ketika melakukan kontak mata ke audiens lakukanlah jeda dari mata audiens satu lalu berpindah ke mata audiens lainnya. Jedanya hanya 3 detik saja lalu berpindah ke mata audiens lainnya. Hal ini dilakukan untuk membantu menciptakan keterlibatan lebih luas dengan audiens.

 

2. Postur Tubuh

Berdiri tegak dengan bahu yang rileks dan tubuh yang terbuka memberikan kesan percaya diri. Hindari postur yang cenderung tertutup (seperti bersandar atau bersilang tangan) yang bisa mengirimkan sinyal ketidakpastian.

 

3. Ekspresi Wajah

Wajah kamu adalah salah satu cara terpenting untuk mengkomunikasikan emosi dan keaslian. Selaraslah antara ekspresi wajah kamu dengan pesan yang kamu sampaikan. Senyuman yang tulus, raut wajah yang antusias, atau ekspresi serius saat diperlukan dapat meningkatkan keterhubungan dengan audiens.

 

4. Perhatikan Ritme dan Kecepatan Gerakan

Sesuaikan ritme dan kecepatan gerakan kamu dengan pesan yang kamu sampaikan. Ketika kamu ingin menekankan poin tertentu, gerakkan tubuh kamu sedikit lebih lambat untuk menarik perhatian audiens.

 

Bahasa tubuh yang tepat dalam public speaking adalah elemen penting yang dapat meningkatkan atau menurunkan kualitas komunikasi kamu. Dengan kesadaran dan latihan, kamu dapat menguasai bahasa tubuh untuk menambah kekuatan pesan kamu dan meningkatkan daya tarik dan keterhubungan dengan audiens.

 

Ingin mengupgrade skill public speaking Anda agar lebih mantap lagi? Mari bergabung dalam kelas public speaking kami dan temukan potensi luar biasa dalam setiap kata yang Anda ucapkan.

 



16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Comments


bottom of page