top of page

5 Tips Menunjang Interview Anda

Pekerjaan, tentu saja merupakan salah satu hal yang dapat memberikan Anda penghasilan rutin setiap bulannya. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong untuk mencari pekerjaan. Banyak orang di luar sana, yang berusaha mencari pekerjaan dengan berbagai cara, mulai dari melihat list pekerjaan di surat kabar, media, sosial media, hingga melalui aplikasi maupun langsung datang ke perusahaan terkait untuk menitipkan surat lamarannya.


Sesungguhnya banyak yang telah dipanggil dalam proses uji kompetensi dan kemudian berlanjut pada sesi interview. Namun tahukah Anda, bahwa impresi yang muncul saat Anda melakukan interview memiliki efek yang lebih tinggi dibandingkan saat Anda melalui uji kompetensi?


Terkadang, tidak perlu seberapa bagus hasil Anda, tetapi jika pada sesi interview tidak berlangsung dengan "baik", maka Anda perlu bersiap untuk melamar di perusahaan lain.

Perlukah Anda takut dengan interview? TENTU SAJA TIDAK!


Berikut adalah 5 (lima) tips yang dapat Anda lakukan untuk menunjang interview pekerjaan Anda.


1. HADIR TEPAT WAKTU

Memiliki disiplin waktu yang baik merupakan nilai plus bagi Anda, terutama saat Anda hadir dalam sebuah interview. Jangan hadir tepat pas pada waktunya, karena itu juga menjadi penilaian. Hadirlah 10 - 15 menit lebih awal sebelum waktu yang ditentukan, karena mungkin saja ada prosedur tambahan yang perlu dilalui sebelum waktu interview.

Kehadiran yang tepat waktu juga menjadi indikasi bagi HRD bahwa Anda adalah pribadi yang tahu bagaimana mengatur waktu dengan baik.


2. CARI TAHU TENTANG PERUSAHAAN

Banyak sekali pelamar yang mengirimkan surat lamaran tanpa mengetahui lebih dalam atau mencari tahu tentang perusahaan yang dilamar. Tahukah Anda bahwa ketika HRD bertanya tentang apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, sesungguhnya HRD sedang melihat apa yang Anda berusaha lakukan sebelum waktu interview?

Kunjungi website perusahaan, cari tahu apa yang pernah di publish dan bergerak di bidang apakah perusahaan tersebut. Ingat untuk mempersiapkan alasan mengapa Anda melamar pada bagian yang Anda cantumkan pada surat lamaran Anda.


3. MILIKI BAHASA TUBUH YANG BAIK

Bahasa tubuh merupakan salah satu indikasi yang banyak diperhatikan oleh HRD. Tidak hanya pada bagaimana Anda berbicara, namun arah mata Anda, posisi duduk Anda, posisi tangan dan kaki juga merupakan indikasi bagi HRD dalam memberi penilaian kepada Anda.

Kebiasaan melipat tangan di depan dada juga akan lebih baik jika dapat dihilangkan karena hal tersebut memberi indikasi "blocking" kepada HRD untuk mengetahui lebih dalam tentang Anda.

Sebuah senyum akan membantu memberi efek ramah selama interview berlangsung - berikan juga jabat tangan yang pas dan tidak berlebihan sebelum dan sesudah interview dimulai.


4. SOPAN SANTUN - MUTLAK!

Kesopanan merupakan nilai yang dijunjung tinggi di negara kita, dan merupakan salah satu indikasi bagi HRD untuk menilai Anda dari segi perilaku. Tidak perlu hormat kesana kemari secara berlebihan, lakukan secara alami, dan berikan senyum kepada setiap orang yang berpapasan dengan Anda.

Menambahkan energy positif saat berbicara juga dapat memberikan respon baik bagi HRD saat berbicara dengan Anda. Ucapkan terima kasih setelah sesi interview selesai.


5. PERSIAPKAN DIRI DENGAN BAIK

Tentu saja sebelum hadir di interview / wawancara kerja, kita akan berusaha menghapal jawaban yang mungkin merupakan "standard", yang banyak dibagikan di sosial media ataupun artikel. Namun ingat bahwa, HRD bisa memilah yang mana jawaban "standar" dan yang mana jawaban yang Anda jawab dengan memikirkan jawaban dengan matang. Persiapan diri bukan hanya tentang menghapal jawaban, tetapi mengetahui alasan dengan baik mengapa Anda melamar di perusahaan tersebut dan pahami diri Anda dengan baik.

Bawa juga CV dan referensi Anda (hardcopy) saat datang di interview. Hal ini dapat digunakan sebagai persiapan jika ada lampiran baru yang ingin Anda tambahkan kepada pihak HRD.


Nah, setelah mengaplikasikan kelima tips di atas, semoga kemungkinan Anda diterima menjadi lebih besar, dan ingat, faktor yang menentukan Anda diterima atau tidaknya, terkadang tidak sebatas pada interview saja.

Namun, kami doakan semoga Anda berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda!

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Comments


bottom of page