top of page

Apakah Multitasking itu Efektif?


Pernahkah kamu merasa sudah produktif tapi pekerjaan kamu enggak ada yang selesai 100%? Apakah kamu sering mengerjakan beberapa pekerjaan di dalam satu waktu?

Bisa jadi ini penyebabnya Multitasking.


Ketika kamu sedang zoom meeting sembari membalas pesan seseorang. Apakah fokus kamu akan ada 100% pada zoom meeting tersebut? Mungkin kamu juga akan ketinggalan sebagian informasi yang didapat dari meeting itu. Multitasking tidak hanya ada di dunia kerja, melainkan juga di kehidupan sehari-hari. Seperti sembari mencuci pakaian di mesin cuci, kamu sambilan memasak makan siang. Seperti kedua contoh di atas, multitasking memang tidak selalu buruk. Ada kalanya pekerjaan bisa dikerjakan dengan efektif apabila melakukan multitasking. Kuncinya kamu harus paham, jika melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus akan membuat kamu kehilangan fokus atau malah jadi hemat waktu.


Yukk, simak sisi buruk yang didapatkan jika kamu sering melakukan Multitasking!


1. Kurangnya Fokus

Melakukan beberapa tugas sekaligus dapat menggangu fokus dan konsentrasi. Ketika kita membagi perhatian kita diantara beberapa tugas, kita cenderung menjadi kurang efektif dalam menyelesaikan setiap tugas secara optimal. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas pekerjaan dan meningkatkan resiko kesalahan.


2. Produktivitas menurun

Meskipun terkadang kita berpikir bahwa multitasking membuat kita lebih produktif, namun sebenarnya hal tersebut dapat berdampak sebaliknya. Beralih antara tugas-tugas yang berbeda membutuhkan waktu untuk mengubah fokus dan masuk ke aliran pekerjaan. Hal ini mengakibatkan hilangnya efisiensi dan penurunan produktivitas secara keseluruhan.


3. Penurunan kualitas kerja

Ketika kita berupaya menyelesaikan banyak tugas sekaligus, kita mungkin mengalami penurunan kualitas pekerjaan. Dalam upaya untuk menyelesaikan semuanya dengan cepat, kita cenderung mengabaikan detail, membuat kesalahan, atau melewatkan langkah-langkah penting. Hal ini dapat merugikan hasil akhir dan reputasi kita.


Sudah tau bukan jawabannya. Tentu saja Multitasking ini tidak efektif karena mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu, kita akan kerempongan dan kehilangan fokus sehingga hasilnya pun akan tidak efektif. Akan lebih baik jika kamu menyelesaikan tugas satu persatu. Dengan hal tersebut kamu memang akan kehilangan banyak waktu tapi hasil yang didapatkan lebih maksimal dan efektif. Atau kamu juga bisa menyusun rencana mengerjakan tugas dari yang urgent sampai tidak urgent agar kamu tidak ketinggalan deadline!


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

bottom of page