top of page

Bahaya People Pleaser



People Pleaser merupakan gambaran seseorang yang secara konsisten berusaha menyenangkan semua orang dan sering kali mengorbankan keinginan dan kebutuhannya sendiri dalam prosesnya. Seorang people pleaser selalu merasa harus bisa menjadi yang diinginkan oleh orang lain.

People Pleaser sering kali merasa sulit untuk mengatakan " Tidak " pada permintaan orang lain, bahkan ketika mereka tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Mereka cenderung mengorbankan waktu, energi dan sumber daya mereka untuk memastikan kebahagiaan orang lain.

Terus apa aja sih bahayanya people pleaser ini ?

1. Muncul rasa kebencian

Seseorang yang menyadari bahwa dirinya adalah people pleaser akan memendam rasa benci terhadap orang lain. Mereka merasa dimanfaatkan oleh orang sekitarnya. Selain menimbulkan rasa benci terhadap orang lain, hal ini juga dapat menimbulkan rasa benci terhadap diri sendiri. Karena jika mereka merasa hal yang dilakukan tidak menyenangkan orang lain maka mereka akan menyalahkan dirinya sendiri secara berlebihan.

2. Tidak percaya diri

People pleaser biasanya memiliki pendapat tetapi mereka tak percaya diri untuk mengutarakan pendapatnya. Mereka merasa tidak berharga didepan orang lain. Terlebih bila pendapatnya tidak direspon oleh orang lain.

3. Stres

Terlalu memikirkan perasaan orang lain dapat menimbulkan stres karena akan menjadi beban pada diri sendiri. People pleaser ini tidak pernah memikirkan dirinya sendiri karena selalu mengiyakan keinginan orang lain.

Tips untuk mengatasi kecendrungan menjadi people pleaser

1. Pelajari mengatakan " Tidak "

Jangan pernah takut untuk mengatakan " Tidak " ketika Anda merasa tidak mampu atau tidak ingin melakukan suatu hal. Ingatlah tidak mestinya Anda setiap hari harus menyenangkan semua orang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Cara tepat untuk belajar mengatakan "Tidak" adalah berikan alasan yang jelas serta solusi untuk mereka agar bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Contoh: " Saya ingin sekali membantu kamu, namun saya sedang mengejar deadline untuk pekerjaan ini. Apakah kamu sudah mencoba menggunakan aplikasi ini untuk bisa lebih cepat menyelesaikannya? ".

Dengan hal ini maka dapat membantu Anda untuk lebih memprioritaskan kebutuhan dan kebahagiaan pribadi Anda sendiri.

2. Hargai Diri Sendiri

Seorang People Pleaser seringkali merasa rendah diri dan menganggap kebutuhan orang lain lebih penting daripada kebutuhan mereka sendiri. Cobalah untuk menghargai diri sendiri dan mengakui bahwa kebutuhan dan keinginan Anda memiliki nilai yang sama pentingnya dengan kebutuhan orang lain.

Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menyayangi diri Anda sendiri adalah dengan berikan kata-kata positif untuk diri Anda sendiri. Contoh: " Saya orang yang pantang menyerah, dan segala sesuatu pasti ada caranya. Saya akan menemukan caranya."

Jadi, mulai sekarang selalu berikan kata kata positif pada diri Anda dan hargai diri Anda sendiri ya.

3. Kurangi Overthinking

Biasanya seorang people pleaser ini sering kali merasa khawatir dengan tanggapan orang lain pada dirinya. Contoh, ketika people pleaser menolak permintaan dari orang lain maka people pleaser ini biasanya akan memikirkan bagaimana tanggapan orang yang telah ia tolak. Bahkan people pleaser ini akan terlalu berlebihan memikirkan nya sehingga bisa saja menjadi beban dalam pikirannya.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi overthinking adalah dengan cara tanamkan dan sebutkan dalam diri Anda jika, " Saya tidak bisa mengontrol reaksi dan ekspektasi orang lain, yang saya bisa adalah lakukan yang terbaik untuk perkembangan diri saya."

Jadi, mulai sekarang selalu tanamkan bahwa segala sesuatu yang telah Anda lakukan adalah yang terbaik untuk kemajuan serta perkembangan diri Anda sendiri.



Yuk, mulai sekarang kamu juga perlu memikirkan kebahagian dirimu sendiri. Kamu harus sayangi dirimu terlebih dahulu daripada orang lain. Katakan " Iya " pada hal yang Anda sukai dan diinginkan. Katakan " Tidak " pada hal yang diluar kemampuan Anda.

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan. Jangan lupa Like, comment dan share ke teman terdekat kamu :)




Postingan Terakhir

Comments


bottom of page