top of page

Feedback adalah kunci untuk menjadi juara


Feedback Itu Apa Sih?

Feedback adalah tanggapan dari seseorang yang memiliki tujuan untuk memberikan masukan agar dapat meningkatkan kinerja baik antar individu maupun kelompok. Feedback ini dapat berasal dari rekan, atasan, teman atau anggota keluarga. Terkadang feedback dapat berupa pujian dan juga berupa kritik.

 

Mengapa Feedback itu Penting ?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebuah feedback sangatlah penting:

 

1. Feedback memberikan motivasi

Ketika feedback diberikan dengan cara yang mendukung dan konstruktif, hal ini dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja seseorang.

 

2. Membantu kita belajar dari kesalahan

Ketika kita menerima feedback yang kritis, itu akan sulit untuk diterima dan dihadapi. Namun, dengan feedback kita dapat belajar dari kesalahan yang kita perbuat dan belajar untuk tidak melakukan kesalahan tersebut lagi.

 

3. Membantu untuk mencapai tujuan

Dengan sebuah saran yang diterima kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki kinerja dan perilaku serta mencapai tujuan yang lebih besar.

 

Namun, tidak semua orang akan menerima sebuah feedback yang telah diberikan, ada yang merasa tidak setuju dengan feedback yang diberikan ataupun ada yang terpuruk hanya karena mendapatkan feedback negatif.

 

Lalu bagaimana sih caranya menanggapi feedback yang masuk?

 

1. Terima dengan terbuka

Ketika kita menerima feedback dari seseorang terima feedback tersebut dengan terbuka jangan takut untuk mendengarkan feedback dari orang lain, karena dengan feedback dapat membantu kamu menjadi jauh lebih baik lagi.

 

2. Jangan terlalu ambil hati

Jangan biarkan feedback menurunkan motivasi kamu. Jadikan itu sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Tetaplah percaya pada kemampuan dan potensi kamu untuk meningkat.

 

3. Berterima Kasih

Sampaikan terima kasih atas feedback yang diberikan. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai upaya mereka untuk membantu kamu meningkat. Bahkan jika feedbacknya tidak sepenuhnya positif, tetaplah bersikap profesional dan berterima kasih atas waktunya.

 

Jadi, feedback merupakan kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Kemampuan untuk menerima, memahami, dan mengambil tindakan dari feedback akan membantu kita menjadi lebih baik dan berkembang lebih baik lagi.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

bottom of page