top of page

Fresh Graduate! Simak Penjelasan Ini Agar Kamu Lolos Tahap Interview Kerja!


Sebagai seorang fresh graduate, memasuki dunia kerja adalah langkah penting dalam menjalani karier profesional kamu. Salah satu tahap awal yang perlu kamu lewati adalah interview kerja. Meskipun kamu mungkin memiliki sedikit pengalaman kerja, kamu masih bisa sukses lulus dalam wawancara dengan menerapkan tips-tips berikut ini:


1. Lakukan penelitian yang mendalam

Sebelum wawancara, kamu harus mempelajari perusahaan yang kamu lamar. Ketahui visi, misi, budaya, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan berita terbaru tentang mereka. Pengetahuan ini akan membantu kamu merespons pertanyaan dengan lebih baik dan menunjukkan minat kamu terhadap perusahaan tersebut.


2. Persiapkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh HRD dalam wawancara kerja, seperti "Ceritakan tentang diri kamu" dan "Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami?" Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini sebelumnya. Pastikan jawaban kamu mencerminkan pengalaman, keterampilan, dan minat kamu terhadap perusahaan yang kamu lamar.


Tips untuk menjawab pertanyaan "Ceritakan tentang diri kamu"

Pertanyaan ini akan menggambarkan penilaian terhadap diri kamu sendiri sehingga HRD bisa mengenali diri kamu. Tips yang dapat kamu lakukan adalah dengan menerapkan 3 rumus yaitu gambarkan Masa Saat ini, Masa Lalu dan Masa Datang.

Contoh :

- Masa Saat ini

Perkenalkan saya Dudu, saat ini saya adalah fresh graduate dari Universita Sumatera Utara jurusan Akuntansi. Saya memiliki kemampuan yang baik dalam administrasi terutama dalam menggunakan Ms Office serta baik dalam pengelolaan keuangan dan analisis data.

- Masa lalu

Selama masa kuliah, saya aktif dalam berbagai kegiatan diluar kelas yang membantu saya mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan. Saya selalu terlibat dalam perencanaan acara serta proyek bersama tim. Saya juga pernah melakukan magang di perusahaan ABC di Sumatera Utara sebagai administrasi. Dari pengalaman organisasi dan magang tersebut saya mendapatkan banyak pengalaman yang dapat saya aplikasikan dalam kehidupan kerja.

- Masa Depan

Saya tertarik untuk menitih karir di perusahaan bapak/ibu dengan posisi Administrasi karena saya memiliki pengalaman dan passion dibidang tersebut yang nantinya akan membantu saya untuk berkontribusi dan berkembang di perusahaan ini.


Tips untuk menjawab pertanyaan "Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami?"

Pertanyaan ini akan menunjukkan bagaimana kamu serius dalam melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Beberapa tips yang dapat kamu lakukan seperti mencari tahu prestasi dan kelebihan perusahaan lalu kamu kaitkan dengan posisi yang akan kamu lamar.

Contoh :

Saya sangat terinspirasi oleh prestasi dan reputasi perusahaan ini dalam industri ini. Rekam jejak perusahaan ini dalam mencapai kesuksesan dan inovasi adalah hal yang mengesankan. Saya ingin menjadi bagian dari tim yang terlibat dalam menciptakan hasil luar biasa seperti itu. Selain itu dengan posisi yang dibuka, saya merasa kemampuan dan keahlian yang saya miliki sudah sesuai.


Pastikan juga kamu menjawabnya dengan tenang dan jelas ya😁.


3. Buat Kesan Pertama Yang Positif

Hal ini sangat penting kamu lakukan untuk memberikan kesan pertama yang positif kepada HRD perusahaan yang kamu lamar karena akan mempengaruhi bagaimana HRD memandang kamu sebagai calon kandidat. Yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut : - Tampil secara professionals

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Lebih baik tampil terlalu formal daripada terlalu santai.

- Datang Tepat Waktu

Datanglah beberapa menit lebih awal untuk menunjukkan keteraturan dan komitmen kamu.

- Berikan Senyuman dan Sapaan Hangat

Saat kamu pertama kali bertemu pewawancara, sapa dengan senyum dan sapaan yang ramah. Ini akan memberikan kesan yang positif dan bersahabat.

- Berikan Kontak Mata

Saat berbicara dengan pewawancara, pertahankan kontak mata yang tepat. Ini menunjukkan kepercayaan diri dan antusiasme

- Bicaralah dengan Suara yang Jelas dan Tegas

Berbicara dengan suara yang jelas dan tegas, hindari berbicara terlalu pelan atau terlalu cepat. Pastikan kamu diartikulasikan dengan baik.

- Hindari Distractions

Matikan ponsel atau perangkat lainnya yang dapat menjadi gangguan selama wawancara. Fokus sepenuhnya pada percakapan.

- Ucapkan Terima Kasih

Setelah wawancara selesai, ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatannya. Ini adalah kesempatan terakhir kamu untuk meninggalkan kesan positif.


Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa kamu adalah kandidat yang potensial, bahkan sebagai seorang fresh graduate. Persiapkan diri kamu dengan baik, tunjukkan minat dan semangat kamu, dan tunjukkan bahwa kamu siap untuk belajar dan berkembang dalam peran tersebut. Semoga tips ini membantu kamu meraih kesuksesan dalam interview kerja sebagai fresh graduate!




6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Comments


bottom of page