top of page

Gugup saat tampil didepan umum? Berikut tips untuk mengatasi



Gugup atau rasa cemas sebelum berbicara didepan umum adalah hal yang wajar dan seringkali dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang masih baru dalam public speaking.


Ada beberapa alasan kenapa manusia bisa gugup, yaitu :

1. Karena taruhannya besar

2. Karena kurang persiapan

3. Karena inferiority complex ( minder )

4. Karena trauma masa lalu


Lalu, bagaimana sih cara mengatasinya ?


1. Reframing keyakinan kita



Jika kita bisa meyakinin kita tidak bisa, maka realita akan mengikuti (kita akan terus tidak bisa). Namun, jika kita meyakinkan diri kita, kita PASTI bisa, maka secara otomatis kita akan aktif mencari cara sampai kita bisa.


2. Atur pernafasan dan relaksasi



Kegugupan terjadi ketika otak kita ter-trigger karena menganggap kita sedang dalam kondisi berbahaya. Sehingga otak meminta supply oksigen yang banyak agar kita siap untuk lari/ menggunakan tenaga kita.


Untuk mengatasi false signal ini, maka kita harus atur pernapasan untuk mengkoreksi kegugupan tersebut. Contohnya : Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut selama 3x. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih tenang lohh.


3. Bekali diri dengan kompetensi yang cukup



Salah satu alasan terbesar adalah saat kita merasa kurang dari sisi kompetensi kita dan menjadi minder ketika kita memikirkan "diluar sana pasti ada orang yang lebih pintar dari saya".


Untuk menghindari ini terjadi, maka bekali diri kita dengan kompetensi yang cukup atau melakukan persiapan yang cukup sehingga kita tidak lagi minder.


4. Berlatih berbicara didepan orang lain.



Melakukan latihan didepan orang lain dapat membantu Anda mengatasi ketakutan dan meningkatkan kepercayaan diri. Carilah teman atau keluarga yang bisa menjadi pendengar dan memberikan umpan balik tentang perfoma Anda.


Selain itu, Anda juga dapat melatih diri dengan berbicara didepan kaca. Dengan hal ini Anda dapat lebih mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam perfoma Anda.


Dengan melakukan hal-hal diatas, Anda dapat mengurangi rasa gugup dan menjadi lebih percaya diri saat tampil didepan umum. Ingatlah bahwa semakin sering Anda berlatih, semakin mudah Anda mengatasi rasa gugup dan semakin percaya diri Anda dalam berbicara didepan umum.


Saatnya berbagi! Bagikan artikel ini agar lebih banyak orang bisa menikmati manfaatnya. Dan jangan lupa tag instagram @smloneid yaa




Postingan Terakhir

bottom of page