top of page

Kenapa Public Speaking Penting Untuk Mahasiswa?


Apakah Public Speaking itu penting?

Public Speaking adalah skill untuk mengkomunikasi ide atau pikiran kita kepada audiens / Penonton yang lebih banyak, anda berbicara didepan umum harus bisa mengkomunikasikan apa yang dipikirkan kepada teman sebagai pendengar.


Anda pasti sering melihat orang-orang yang berpidato dihadapan ratusan bahkan ribuaan orang dengan lancar dan baik.


Pada dasarnya, manusia sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya harus berinteraksi satu dengan yang lain begitu juga dengan komunikasi, adapun manfaat komunikasi salah satunya meningkatkan kepercayaan diri, mengatur rasa gugup, berpikir positif, menyampaikan kata-kata secara lugas memanfaatkan kemampuan public speaking menyampaikan informasi kepada audiens dengan jelas, Rasa ketakutan / gugup dapat diatasi dengan baik jika kamu dapat / mampu menguasai kemampuan Public Speaking dengan baik.


Oleh karena itu, kemampuan ini bisa dibilang menjadi salah satu senjata utama yang harus dipersiapkan oleh seseorang sebelum memasuki dunia profesional.


Manfaat pentingnya Public Speaking untuk Mahasiswa :


1. Meningkatkan Rasa Percayaan Diri.

Didalam Public speaking Mahasiswa ditugaskan untuk bicara di depan banyak orang. salah satunya seperti MC, Moderator, dsb. Tentu mahasiswa membutuhkan rasa percaya diri yang cukup. Jika Mahasiswa tidak merasa percaya diri, maka akan demam panggung dan justru terdiam ketika berada di depan banyak orang. Di Public Speaking ini mahasiswa akan belajar rasa percaya diri dan didalam rasa percaya diri tidak hanya ketika mahasiswa harus berbicara didepan umum, tetapi sangat berguna untuk anda sendiri kedepannya.


2. Menyampaikan Ide atau Pendapat Dengan Lancar.


Didalam public speaking mahasiswa juga merasa malu, takut atau tidak percaya diri untuk mengungkapkan sesuatu didepan umum salah satunya didalam pertemuan rapat meeting, salah satu hal nya anda harus berani untuk mengungkapkan ide / memberi saran secara lancar, baik kepada audiens maupun didalam rapat meeting.


3. Meningkatkan kualitas diri.


Kenapa didalam public speaking kita harus punya kemampuan diri yang baik ketika didepan umum orang banyak?

didalam public speaking harus mempunyai kemampuan atau kualitas yang baik sebagai mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk bertemu dengan klien-klien penting sekaligus mahasiswa dapat melatih berbicara agar dapat membuat klien tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

4. Berpikir lebih kritis.


Dipublic speaking mahasiswa harus berpikir kritis, kemampuan untuk mencari cara didalam memecahkan atau mengatasi didalam sebuah permasalahan dengan cepat dan tepat.


Hal tersebut tentunya mahasiswa akan memilih kata-kata dan penyampaian yang tepat. secara tidak langsung, dapat merangsang otak untuk melatih berpikir menjadi lebih kritis

5. Meningkatkan kemampuan untuk Memimpin.


Didalam kemampuan berbicara didepan umum atau orang banyak, mahasiswa dituntut untuk membuat orang-orang disekitar mendengar anda untuk percaya atau terpengaruh dengan apa yang anda sampaikan, sering kali mahasiswa diminta untuk berbicara didepan umum, pada dasarnya dianggap memiliki kemampuan lebih dibandingkan orang lain, didalam kelebihan tersebut anda mampu mempengaruhi orang-orang yang disekitar sehingga anda cocok / layak untuk menjadi pemimpin.

Seorang pemimpin akan bertugas untuk mendelegasikan tugas, memberikan instruksi, serta membuat orang-orang percaya kepadanya. hal itu tentu sangat membutuhkan kemampuan public speaking. Mempelajari kemampuan public speaking, secara tidak langsung Kamu juga akan mepelajari cara untuk menjadi seorang pemimpin.


6. Melatih Persiapan Sebelum Tampil.


Persiapan didalam sebuah acara guna untuk melatih berbicara agar tidak terlihatan gugup saat tampil didepan orang banyak, latihan yang baik adalah latihan bersama teman, orang tua, maupun sahabat.

Didalam Persiapan tersebut melatih anda saat ketika anda ingin presentasi atau saat skripsi didepan guru maupun dosen.


Oleh Karena itu, anda harus melatih persiapan sebaik mungkin supaya hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal


7. Sangat Berguna Aktif Dalam Kegiatan Organisasi

Kemampuan Public Speaking Juga sangat berguna jika anda cukup aktif dan antusias dalam kegiatan organisasi. Tentu saja tidak mungkin didalam kegiatan organisasi anda hanya diam saja, pastinya ada pendapat yang ingin anda sampaikan atau dikemukakan. Disinilah kemampuan yang benar-benar sangat penting untuk kegiatan organisasi dalam masa kuliah, maupun saat ketika sekolah didalam kegiatan seperti organisasi osis.


Langsung klik saja link di bawah ini :




Public Speaking Trainer

Certified Workshop Facilitator

Postingan Terakhir

bottom of page