top of page

Sering Merasa Tidak Nyaman Saat Berbicara ? Ini Faktornya!

Diperbarui: 8 Jul 2022


Apa saja sih faktor seseorang tidak nyaman berbicara di depan umum ?

Jika kamu sering merasa takut ataupun tidak nyaman saat harus berbicara di depan umum, jangan khawatir. Kamu gak sendiri ! Karena 75% manusia di dunia juga merasakan hal yang sama dan saat berbagai orang merasakan rasa tidak nyaman saat berbicara di depan umum, mungkin juga kamu termasuk salah satunya. Ada berbagai Faktor yang menyebabkan rasa tidak nyaman tersebut muncul, mulai dari faktor keturunan , lingkungan, maupun faktor lainnya.

Berikut ini adalah 4 alasan umum seseorang merasa gak nyaman dengan Public Speaking

1. PENGALAMAN PERSONAL

Ada ucapan yang mengatakan bahwa Pengalaman = hal yang membentuk kita saat ini. Jika sebelumnya kita pernah mengalami kondisi dimana kita tidak menyampaikan pembicaraan kita dengan baik di depan umum, ternyata hal ini juga dapat berkontribusi kepada rasa tidak nyaman kamu saat kamu berbicara di depan umum lho. Rasa takut dan cemas dapat muncul. Coba deh refleksi kembali, apakah kamu pernah mengalami hal yang membuatmu takut saat harus berbicara di depan umum ?

2. KEADAAN DAN SITUASI

Keadaan juga memberikan pengaruh dalam kenyamanan seseorang saat berbicara di depan orang lho. Contohnya, saat ada seseorang yang luwes dan nyaman banget saat memimpin diskusi di antara teman-temannya, atau memimpin rapat organisasi tetapi merasa gak nyaman saat harus berbicara di depan 100 orang yang dia gak kenal. Nah ada juga orang yang santai dan rileks saat berbicara di depan orang banyak, tetapi langsung merasa canggung saat ia tahu bahwa ia akan dinilai dan dievaluasi.


3. PERSIAPAN YANG KURANG MATANG

Ada beberapa hal yang termasuk ke dalam persiapan, beberapa di antaranya adalah : kesiapan materi dan juga pengenalan materi dan lokasi. Ada saatnya jika kita kurang menguasai materi, maka kita akan merasa canggung dan kurang nyaman saat berbicara, apalagi jika materi yang kita bawakan memiliki perspektif yang belum terlalu kita pahami. Jadi sebelum naik ke atas panggung, latihan terlebih dahulu ya! :)

4. PIKIRAN NEGATIF

Ini merupakan hal yang paling berpengaruh. Kenapa coba ? Karena walaupun kita sudah mempersiapkan diri dengan susah payah dan bahkan latihan dan belajar dari pengalaman, tetapi jika si pikiran negatif ini hadir, kita bisa langsung merasakan ketidaknyamanan saat berbicara lho. Apalagi ketika kita berpikir bahwa kita akan dinilai atau di-judge oleh orang lain, maka ini juga akan berpengaruh kepada performa kita saat berbicara. Selain semakin grogi, kita juga bisa menjadi minder saat itu terjadi.

Jadi penting banget untuk memahami alasan "KENAPA" kita merasa tidak nyaman saat berbicara, karena hal ini akan membantu kamu untuk mengatasi rasa ragu dan grogi kamu saat berbicara.


Jika kamu masih merasa belum yakin, mungkin kamu dapat mencoba mengakses Course Gratis dari SMLONE yang dapat membawa kamu agar jadi lebih fasih dalam berbicara di depan umum!


Langsung klik saja link di bawah ini :




- DC

Public Speaking Trainer

Certified Workshop Facilitator




406 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

bottom of page