top of page

Sering Scrolling Medsos Sebelum Tidur? Ketahui Dampaknya



Kebiasaan scrolling media sosial merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh orang di era digital saat ini. Hal ini dapat menjadi kebiasaan yang sulit dihindari karena adanya kecendrungan kita untuk terus ingin tahu apa yang terjadi disekitar kita dan diseluruh dunia.


Namun, kebiasaan scrolling yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik kita. Beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan scrolling yang berlebihan antara lain:


Gangguan tidur

Menatap layar ponsel atau tablet sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar dapat mempengaruhi ritme alami tubuh dan membuat sulit tidur. Hal ini dapat menyebabkan kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk.


Ketergantungan

Sering melakukan scrolling sebelum tidur juga dapat menciptakan kebiasaan buruk dan ketergantungan pada media sosial atau konten online, yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan produktivitas di siang hari.


Mata kering

Melihat layar gadget dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan teriritasi. Hal ini dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, dan gangguan penglihatan.


Kecemasan

Melihat konten yang menegangkan atau berita buruk sebelum tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan kamu dan mempersulit untuk rileks dan tidur dengan nyenyak.


Untuk mengatasi kebiasaan scrolling sebelum tidur, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti :


Batasi waktu layar

Cobalah untuk menentukan batas waktu untuk menggunakan gadget pada malam hari, misalnya 30 menit sebelum tidur. Hindari membawa gadget ke kamar tidur. Jika bisa jauhkan gadget dari pandangan kamu.


Atau kamu juga bisa buat jadwal harian atau mingguan untuk penggunaan media sosial kamu. Batasi waktu penggunaan dan pastikan untuk menghentikan penggunaan saat batas waktu telah tercapai.


Cari teman untuk aktivitas

Ajak teman atau keluarga untuk melakukan aktivitas di luar rumah pada malam hari, seperti jalan-jalan atau bermain game bersama.


Membaca buku

Kamu dapat mengalihkan perhatian kamu dengan membaca buku yang kamu sukai sebelum tidur.


Hapus aplikasi yang tidak perlu

Hapus aplikasi yang tidak perlu atau tidak memberikan manfaat bagi kehidupan kamu. Hal ini dapat membantu mengurangi godaan untuk melakukan scrolling.


Untuk menghindari akibat buruk dari sering melakukan scrolling di malam hari. Cobalah untuk mengalihkan perhatian ke aktivitas atau kegiatan lainnya yang bermanfaat seperti membaca buku. Karena dengan hal tersebut kita dapat mengembangkan kemampuan serta keterampilan diri sendiri. Jadi, selain kita dapat menenangkan diri sebelum tidur, kita juga dapat mengembangkan diri sendiri lohh.


Sangat bermanfaat bukan jika kamu lebih menghabiskan waktu untuk hal hal yang lebih berguna untuk diri kamu sendiri :)



7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

bottom of page