top of page

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Efektif


Slide pada presentasi digunakan untuk membantu audiens dalam memahami materi yang Anda bawakan. Intinya slide presentasi akan menjadi kunci untuk menarik perhatian audiens Anda.

Yuk, simak penjelasan dibawah ini untuk membuat slide presentasi Anda lebih efektif.

1. Jangan Terlalu banyak Teks

Usahakan di setiap slide jangan terlalu banyak teks, hal ini dikarenakan para audiens akan malas untuk membacanya atau memahaminya. Audiens akan lebih tertarik jika ada sedikit teks ditambah gambar yang menarik.

2. Susun materi dengan poin poin pada presentasi

Buatlah penjelasan materi dengan poin poin yang singkat dan jelas. Usahakan Anda membuat penjelasan tidak terlalu panjang pada slide. Maksimalkan terdapat 7 poin informasi pada slide agar memudahkan para audiens untuk mengingatnya.

3. Pilihlah Font Yang Mudah Dibaca

Supaya materi dapat dipahami Anda perlu memilih font yang mudah dibaca oleh para Audiens. Maksimal ada 3 jenis font yang digunakan. Contoh font yang dapat Anda gunakan adalah seperti Times New Roman, Made Tommy Soft, Arial dan Verdana.

4. Setiap Slide memiliki 1 pesan khusus

Pastikan setiap slide yang Anda buat memiliki pesan khusus untuk disampaikan kepada audiens.

5. Hindari Warna Background Slide Yang Mencolok

Hal ini sangat perlu diperhatikan ketika anda membuat slide presentasi. Supaya materi pembahasan dapat terbaca dan dipahami oleh audiens, maka akan lebih baik jika Anda menghindari warna background yang terlalu mencolok. Pilihlah background yang polos dan tidak mencolok.

6. Gunakan Fitur Animasi dalam slide presentasi

Animasi yang digunakan secara tepat dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Tapi tetap perlu diperhatikan jangan terlalu membuat animasi yang berlebihan.

7. Gunakan Ukuran Font Teks Yang Sesuai

Selain jenis font Anda juga perlu perhatikan ukuran dalam teks pada slide Anda. Anda dapat menggunakan ukuran 48 untuk judul teks dan gunakan ukuran minimal 18 untuk isi teks. Hal ini dikarenakan agar audiens dapat melihat teks dengan jelas.

Itulah 7 tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat presentasi. Semoga tips ini dapat membantu Anda.

Selain, tips diatas masih banyak lagi trik dan panduan untuk membuat presentasi efektif dengan mengikuti Online Public Speaking Mastery 2.0 Batch 2.

Segera Join dan Dapatkan Harga Early Bird Hanya IDR 50.000 per Hari!!!



Postingan Terakhir

bottom of page